DaerahHeadlineTNI & Polri

Polres Halbar Luncurkan Polisi RW Untuk Ini

2763
×

Polres Halbar Luncurkan Polisi RW Untuk Ini

Sebarkan artikel ini

Halbar – Sebanyak 87 personil Polres Halmahera Barat, Maluku Utara, resmi menjadi polisi RW. Program yang dicetuskan oleh Kabaharkam Polri ini bermaksud menugaskan anggota kepolisian di tingkat RW di Desa atau Kelurahan

Pembentukan Polisi RW ini di latar belakangi  stigma negatif terhadap pihak kepolisian, semisal, Polisi berjarak dengan masyarakat, dan perspektif negative masyarakat terhadap Polri dalam penegakan hukum.

“Jadi program ini untuk mengoptimalkan interaksi langsung polisi dengan masyarakat pada tingkat RW, mengedepankan tindakan preemtif secara bottom up, serta meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat”jelas Kapolres Halmahera Barat, AKBP Indra Andiarta saat melanching program tersebut di Mapolres setempat, Kamis (15/6/2023).

Indra menyampaikan, Polisi RW nantinya wajib memiliki data persoalan intelijen dasar yang terjadi di masing-masing RW. Sehingga bisa melaporkan potensi permasalahan yang akan terjadi pada pimpinan masing-masing di tingkat Polsek.

Polisi RW, lanjut Indra, bakal bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Agar terjadi interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama dan saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang butuhan masyarakat, sehingga prinsip-prinsip pomolisian masyarakat dan keadilan restoratif serta akuntabilitas bisa diterapkan.

Indra menginginkan Polisi RW di Polres Halmahera Barat hadir, bertindak dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Halmahera Barat, melalui interaksi yang konsisten dengan masyarakat initial contact untuk membangun good impression, mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, kekerasan, keinginan, harapan dan permasalahan RW, melakukan scanning terhadap kerawanan wilayah masing-masing, serta memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi berbasis web “Ada Polisi”.

“Diharapkan dengan terbentuknya Polisi RW, masyarakat lebih dekat dengan polisi sehingga dapat diambil tindakan yang tepat dan cepat untuk mengatasinya sehingga tidak perlu lapor ditingkat Polsek dan Polres,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *