DaerahHeadlinePemerintahRagam

Gubernur Arinal Djunaidi Menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023

525
×

Gubernur Arinal Djunaidi Menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung — Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIV Tahun 2023, di Hotel Novotel, Selasa (6/6/23).

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sangat fokus terhadap pembangunan di desa. Berbagai inovasi untuk memajukan ekonomi perdesaan saat ini terus didorong.

Sebagai bagian dari program Desa Cerdas (Smart Village), Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa saat ini Provinsi Lampung sedang mengembangkan ekonomi digital di desa melalui BUMDes. Salah satunya adalah dengan mengembangkan program Elektronik Samsat Desa (e-Samdes) yang diintegrasikan dengan BUMDes untuk menjadi agen pembayaran pajak kendaraan.

Selain program E-Samdes, kata Gubernur, ada juga program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung yaitu Program e-Petani Berjaya. Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi dalam program ini adalah menjadikan BUMDes sebagai mitra bagi program e-KPB yang terintegrasi dengan program Smart Village.

BUMDes akan menjadi kios atau sub agen dalam penyaluran Kredit Usaha rakyat (KUR), penyaluran pupuk dan alat pertanian serta kebutuhan petani lainnya.

“Keberhasilan program-program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung sudah sangat terlihat, Alhamdulilah, dari 2.446 jumlah desa di Provinsi Lampung, sekarang sudah tidak ada lagi desa yang berstatus “sangat tertinggal,” kata Gubernur.

“Sebagian besar sudah “berkembang,” “maju,” dan bahkan “mandiri.” Pembangunan desa ini terus kita dorong, sebagai satu strategi pembangunan dari perdesaan,” sambung Gubernur.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Arinal menyampaikan ucapan terimakasih atas terpilihnya Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *