DaerahHeadlineNasionalPemerintah

Bupati Serang Buka MTQ ke-54 tingkat Kabupaten di Pantai Florida

17
×

Bupati Serang Buka MTQ ke-54 tingkat Kabupaten di Pantai Florida

Sebarkan artikel ini

ZR Serang,-Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Serang yang digelar selama tiga hari pada 27 sampai 30 Mei 2024.

Kali ini, pembukaan kegiatan tahunan itu berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, yakni di Pantai Florida Kecamatan Cinangka, Senin, 27 Mei 2024.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kegiatan MTQ dilaksanakan secara berjenjang, baik MTQ tingkat Kabupaten dan Kota, Provinsi dan Nasional. Di Kabupaten Serang pun, pelaksanaan MTQ dilakukan setiap tahun untuk mengikuti jenjang dimana para kafilah yang menjadi juara akan mewakili Kabupaten Serang ke tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Kami berharap, pembinaan yang dilakukan Pemda Kabupaten Serang dengan para Alim Ulama, Ponpes dan para pembina di bawah LPTQ semoga bisa membawa nama Kabupaten Serang menjadi juara seperti sebelumnya,” ujarnya kepada wartawan.

Meski pelaksanaan MTQ di akhir menjelang MTQ tingkat Provinsi Banten pada akhir Juli 2024, kata Tatu, tentu adanya kekhawatiran kurang maksimalnya pembinaan bagi para Kafilah. Namun pihaknya tetap optimis karena upaya dilaksanakannya MTQ, selain untuk mengantarkan para Kafilah menjadi juara di tingkat Kabupaten Serang bahkan bisa mewakili ke tingkat Nasional.

“Namun yang lebih terpenting lagi, tujuan dari MTQ ini untuk memasyarakatkan, kami semua dan seluruh masyarakat Kabupaten Serang cinta terhadap Al Qur’an,” katanya.

Disamping itu, sambung Tatu, selain untuk meningkatkan kualitas para Qori Qoriah dalam membaca Al Qur’an secara Tajwid dan Makhrojnya serta pemahaman semua terhadap Al Qur’an.

“Karena seringkali mendengar dari para Alim Ulama, kita tidak hanya membaca, tetapi memahami isi Al Qur’an, kemudian dijadikan pegangan kita, panduan kita dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Sebagai bagian dari evaluasi, Tatu mengintruksikan agar pelaksanaan MTQ ke-55 yang seharusnya digelar pada Tahun 2025 agar dilaksanakan pada Desember 2024. Upaya itu agar tidak terjadi pada MTQ 2024 yang dilaksanakan di akhir menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten, karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri sehingga MTQ tidak bisa dilaksanakan pada awal tahun.

“Di awal tahun juga anggaran belum masuk sehingga tidak bisa menyelenggarakan, tapi jangan jadi permasalahan, Ketua Dewan dan TAPD menyanggupi, begitu juga setiap OPD untuk mengganggarkan MTQ tingkat Kabupaten Serang pada Desember 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Serang, Sugi Hardono mengatakan, untuk cabang yang akan dilombakan pada ajang tahunan tersebut, terdapat sembilan Cabang Tilawah dan 21 golongan, di antaranya Tilawah meliputi Tartil anak-anak, Tilawah anak-anak, remaja dewasa, Canet, Qiroath Mujawwad Dewasa. Tahfidz meliputi satu Juz dan tilawah, lima Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz.

Kemudian Tafsir meliputi Bahasa Arab Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia. Selanjutnya Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) Ula, Wustho dan Ulya, Menulis Makalah Qur’an (MMQ) atau Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ), dan Hifdzil Hadist (Hadist 500).

“Adapun untuk jumlah yang mengikuti MTQ sebanyak 971 Kafilah dari 29 Kecamatan,” ujarnya.

Pada pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Serang diawali dengan Defile perwakilan para Kafilah dari 29 Kecamatan yang dipimpin oleh para Camat. Kemudian Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga melantik para Dewan Juri disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum dan Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna.

Turut hadir Staf Ahli Pj Gubernur Banten Bidang Pemasyarakatan dan SDM Muhamad Agus Setiawan, Ketua Harian LPTQ Banten Prof Sholeh Hidayat, Forkopimda Kabupaten Serang dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang dan Pejabat BUMD Kabupaten Serang.

RENO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *