HeadlineSosial Dan Budaya

Ziarah TPAPT, Paroki, ST. Eduardus Nangapanda Jadikan Momen Tanggung Jawab Kebersamaan Dan Meningkatkan Solidaritas

1245
×

Ziarah TPAPT, Paroki, ST. Eduardus Nangapanda Jadikan Momen Tanggung Jawab Kebersamaan Dan Meningkatkan Solidaritas

Sebarkan artikel ini

Nangapanda, Paroki St. Eduardus Nangapanda Keuskupan Agung Ende hari ini Minggu 14 Mei 2023 menjadi tuan rumah dalam kegiatan ziarah TPAPT Komunio.

Bagi umat Paroki St. Eduardus Nangapanda kepercayaan untuk menjadi tuan rumah adalah rahmat yang diterima sebagai salah satu ujud yang dijadikan sebagai rangsangan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan solidaritas dari setiap umat terhadap Gereja.

Hal ini terlihat jelas dari berbagai macam kegiatan yang sudah dilaksanakan pada hari-hari sebelumnya dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah untuk menjamu para tamu yang akan hadir mengikuti ziarah tersebut. Termasuk nilai solidaritas nampak terlihat jelas saat itu. Para saudara dari Remaja Masjid dilibatkan dan ikut partisipasi dalam struktur kepanitiaan.

Ziarah umat Katolik yang diadakan pada setiap tahunnya dan hari ini kembali terjadi di bumi Paroki St. Eduardus Nangapanda telah menjadi momen kebersamaan umat dari beberapa paroki dan kuasi paroki.

Momen kebersamaan dalam ziarah menuju Gua Maria hari ini yang kemudian dipererat dengan sebuah perayaan Ekaristi Kudus dan juga wejangan dari Imam dalam sebuah Khotbah menjadi bekal untuk semua umat yang hadir maupun yang tidak sempat hadir.

Bertepatan juga dengan situasi yang terjadi saat ini yakni perkembangan ekonomi, politik, agama, sosial budaya yang terus membias, seakan-akan memudarkan hakikat dan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas, maka momen ziarah ini kesempatan indah untuk menyatukan dan meningkatkan kembali nilai kebersamaan, kekeluargaan dan solidaritas yang selama ini terlihat renggang akibat kepentingan-kepentingan pribadi.

Bapak Fallen Tinus, salah satu umat dari Paroki St. Eduardus Nangapanda dalam sebuah wawancara mengatakan demikian; jadikanlah momen ziarah ini sebagai kesempatan bersilahturahmi, mempererat kembali hubungan kekeluargaan.

Harapan saya kegiatan ini terus dibuat setiap tahun, tegas Fallen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *