PemerintahPolitik

Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Kaban Kesbangpol : Wujudkan Pemilu dan Pilkada Yang Aman, Damai dan Harmonis

407
×

Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Kaban Kesbangpol : Wujudkan Pemilu dan Pilkada Yang Aman, Damai dan Harmonis

Sebarkan artikel ini

Palu, Sulawesi Tengah, Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Kaban Kesbangpol : Wujudkan Pemilu dan Pilkada Yang Aman, Damai dan Harmonis, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Sosialisasi Pemberdayaan dan Penguatan Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya dalam Mendukung Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Bertempat, di Hotel Sutan Raja Palu. Selasa, (20/6/2023).

Pada laporan ketua panitia, Irwan Duwila menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong serta meningkatkan partisipasi dan peran pemerintah daerah, pelaku UMKM, serta pelaku seni dan budaya dalam mewujudkan ketahanan ekonomi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov. Sulteng, Sisliandy Ponulele, dan Dinas Kebudayaan Prov Sulteng, Rahman Ansyari.

Adapun peserta dalam sosialisasi ini terdiri dari organisasi kemasyarakatan seni dan budaya serta pelaku UMKM Kota Palu.

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sulteng, Arfan menyampaikan bahwa Pemilu Serentak akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia ini akan diselenggarakan diseluruh daerah termasuk di Provinsi Sulawesi Tengah.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk menyatukan tekad bersama dalam mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

“Saya berharap pemda dan masyarakat dapat bersinergi dalam mendukung dan mewujudkan pemilu dan pilkada tahun 2024 yang aman, damai, dan harmonis,” ujar Arfan.

Selanjutnya, Sisliandy Ponulele dalam paparannya menyampaikan bahwa momentum pemilihan umum, dapat menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan usahanya.

“Menjelang pemilu, perputaran ekonomi akan meningkat, hal ini tentunya akan menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan kesempatan ini,” ucap Sisliandy.

Dalam periode pemilihan ada beberapa usaha yang dapat dikembangkan, yaitu; usaha percetakan, usaha konveksi, perhotelan atau akomodasi, usaha catering makan dan minum, digital marketing dan usaha event organizer.

Lebih lanjut, Sisliandy menjelaskan bahwa, perputaran ekonomi yang besar akan menimbulkan multiplier effect terhadap penyerapan tenaga kerja.

“Dalam momen pemilihan ini, UMKM dapat berkontribusi terhadap angka pengangguran, karena ada sektor-sektor usaha yang membutuhkan penambahan tenaga kerja,” ujar Sisliandy.

Selanjutnya, Rahman Ansyari dalam paparannya menjelaskan terkait penguatan peran pelaku seni dan budaya dalam periode pemilihan. Sosialisasi melalui seni dan budaya merupakan cara baru untuk melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.

“Seni dan budaya bisa menjadi media untuk menyampaikan pesan dalam menyukseskan pemilu dan pilkada,” jelas Rahman.

Sosialisasi melalui seni dan budaya berpotensi menjadi cara unik dan kreatif dalam menyampaikan informasi terkait pemilu dan pilkada.

“Sosialisasi yang unik dan kreatif perlu dilakukan agar bisa berhasil mendapatkan perhatian publik,” ujar Rahman.

Turut hadir : Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sulteng beserta jajarannya, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov Sulteng, Sekretaris Dinas Kebudayaan Prov Sulteng, Organisasi Kemasyarakatan Seni dan Budaya serta pelaku UMKM Kota Palu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *