ArtikelEdukasi

Seru, Lomba Balobe Warnai Festival BMW 2023

298
×

Seru, Lomba Balobe Warnai Festival BMW 2023

Sebarkan artikel ini

Biak, Berlangsung seru. Lomba Balobe menjadi salah satu acara yang mengisi Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) tahun 2023.

Kali ini lomba balobe yang diikuti oleh 50 peserta dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S. Si., M. Pd, di Pantai Paray Monumen Perang Dunia ke II, Selasa (4/7/2023) malam.

Balobe sendiri adalah mencari ikan atau gurita dengan menggunakan obor atau lampu dengan parang, kalawai (sejenis tombak).

Pembukaan perlombaan di dahului dengan upacara adat memanggil dan memberi makan ikan yang dilakukan oleh tua – tua adat di Kampung Anggraidi Paray.

“Balobe merupakan cara mencari ikan atau gurita bagi masyarakat Biak Numfor, ini salah satu kearifan lokal yang tentunya perlu dijaga dan menjadi salah satu potensi wisata budaya,” ucap Bupati Herry Ario Naap (HAN) saat membuka secara resmi lomba balobe.

Bupati HAN yang didampingi oleh Wakil Bupati Calvin Mansnembra, SE., M.BA mengatakan, berbagai keariran lokal masyarakat Biak cukup banyak, dan menjadi potensi yang bisa diangkat dan diperkenalkan dengan harapan dapat menjadi daya pikat wisatawan ke Biak.

Sekedar diketahui, lomba Balobe diikuti 50 peserta dari beberapa kampung yakni Kampung Anggraidi, Mangganisapi, Mokmer dan Suapodibo. Setiap peserta dilengkapi dengan alat tangkap seperti Kalawai dan menggunakan perahu.

Sementara waktu perlombaan berlangsung selama 2 jam dan setiap hasil tangkapan akan di timbang sesuai dengan ukuran ikannya.

Keluar sebagai pemenangnya untuk Juara 1 Daniel Rumpaidus dengan berat ikan 1,7 Kilo gram, Juara 2 Albert Kaisiri dengan berat ikan hasil tangkapan 1,6 Kg, Juara 3 Yeson Mayor dengan nerat ikan hasil tangkapan 1,5 Kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *