DaerahEdukasi

Rangkaian kegiatan Sosialiasai Sinergitas Pengawasan Dan Pemeliharaan Jalan Dengan Melibatkan Peran Masyarakat (PPJM) di Kota Pagar Alam

475
×

Rangkaian kegiatan Sosialiasai Sinergitas Pengawasan Dan Pemeliharaan Jalan Dengan Melibatkan Peran Masyarakat (PPJM) di Kota Pagar Alam

Sebarkan artikel ini

Pagar Alam, Didalam arahan pengembangan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat setempat”

Adapun kegiatan Sosialisasi Sinergitas Pengawasan dan Pemeliharaan Jalan dengan Pelibatan Peran Masyarakat (PPJM) dilakukan dengan melibatkan masyarakat di beberapa kelurahan di 3 kecamatan di kota pagar alam,salah satu nya di kecamatan dempo utara, selasa 6 juni 2023.

 

Sinergitas Pengawasan dan Pemeliharaan Jalan merupakan sebuah proyek perubahan yang dirancang oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pagar Alam, Bapak Yudianto, ST., MT.

Dalam sosialisasi tersebut, Yudianto, ST.,MT mengatakan, Proyek perubahan ini diharapkan mampu menjadi solusi agar kegiatan pengawasan dan pemeliharaan jalan di Kota Pagar Alam lebih optimal, Pada proyek perubahan ini, masyarakat memegang peran penting dalam pengawasan dan pemeliharaan jalan di kawasannya masing-masing.tuturnya

Tambahnya, dalam peran ini, Masyarakat diharapkan  dapat memberikan informasi kondisi jalan atau dibutuhkan nya kegiatan tebas bayang dan atau normalisasi saluran, dan informasi ini dapat langsung disampaikan kepada Dinas PUPR dengan menyertakan dokumentasi / foto area, dengan demikian, pihak PUPR akan melakukan pengolahan data dan keputusan jenis pemeliharaan jalan yang perlu dilakukan.ungkapnya

Dengan demikian, pihak pemerintah dalam hal ini dinas PUPR dapat melakukan pemeliharaan secara swakelola masyarakat dengan perjanjian kerjasama, Setelah pekerjaan pemeliharaan jalan selesai, maka akan dilakukan pelaporan hasil oleh masyarakat kepada Dinas PUPR Kota Pagar Alam.

Adapun rangkaian Sosialisasi regulasi dan SOP Sinergitas Pengawasan dan Pemeliharaan Jalan dengan Pelibatan Peran Masyarakat (PPJM) ini telah dilaksanakan di 3 (tiga) kecamatan, yakni Kecamatan Dempo Utara (06/06/23) dan Kecamatan Dempo Selatan serta Pagar Alam Selatan (07/06/2023).

Proyek perubahan ini disambut antusias warga dan mendapatkan respon positif dari camat, lurah, RT, RW, dan masyarakat setempat serta dari kalangan awak media.

“Camat Dempo Utara, Ardiansyah menyebutkan, Proyek perubahan yang dilakukan oleh Dinas PUPR ini merupakan peluang untuk meningkatkan semangat gotong royong di antara warga setempat dalam membangun infrastruktur daerah.” UjarArdiansyah, S.Pd., MM

Penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama untuk proyek perubahan ini juga telah dilakukan pada 9 Juni 2023 di 4 (empat) kelurahan yakni, Kel. Bumi Agung, Kel. Jangkar Mas, Kel. Lubuk Buntak dan Kel. Nendagung. Penandatangan MoU ini dilakukan antara Dinas PUPR Kota Pagar Alam dengan seluruh lurah yang berada di tiga kecamatan Kota Pagar Alam (DU, DS dan PAS).

Kemudian, dalam pelatihan PPJM untuk tiga kecamatan ini telah terlaksana, meliputi kecamatan dempo utara pada hari selasa 13 juni 2023, dempo selatan pada 16 juni 2023 dan kecamatan pagaralam selatan pada 20 juni 2023.

Diharapkan dengan adanya kerjasama dalam pemeliharaan jalan ini, infrastruktur fisik jaringan jalan di Kota Pagar Alam mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya kehidupan masyarakat Kota Pagar Alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *