Pemerintah

Peringatan Harkitnas ke 115, Bersamaan Upacara Bendera di Halaman Monumen dr.Soetomo

260
×

Peringatan Harkitnas ke 115, Bersamaan Upacara Bendera di Halaman Monumen dr.Soetomo

Sebarkan artikel ini

NGANJUK – Pemerintah Kabupaten Nganjuk merayakan Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 secara bersamaan dengan menggelar upacara bendera di Halaman Monumen dr. Soetomo Ngepeh, Kecamatan Loceret, Senin (22/05/2023) pagi.

Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk itu mengatakan ada dua momen kebangkitan pada giat ini, pertama yakni mengajak para peserta upacara untuk mengenang sekaligus mencontoh semangat perjuangan dr. Soetomo.

Yang mana, dr. Soetomo merupakan salah satu orang asli Bumi Anjuk Ladang yang menjadi pendiri Organisasi Budi Utomo yang bertujuan untuk Menjadikan Indonesia Bangsa Terhormat pada tahun 1908.

“Hal inilah yang menjadi inspirasi kita bersama untuk selalu mengenang dan tidak melupakan jas merah seorang Dr. Soetomo sebagai warga asli Nganjuk yang kuliah di kedokteran Stovia. Untuk mengenang itu, maka hari ini kita melaksanakan upacara Hardiknas dan Harkitnas di Monumen Ngepeh sebagai tempat lahirnya Dr. Soetomo,” ungkap Kang Marhaen.

Kedua, Kang Marhaen menyebutkan, pada tanggal 20 Mei 1908 dan 28 Oktober 1928 adalah momentum kebangkitan Indonesia. Oleh karena itu, ada empat hal yang bisa dipetik dari dua hari besar nasional ini.

“Diantaranya, yakni bangkit dalam mempromosikan pendidikan dan kebudayaan. Kemudian mampu menciptakan rasa nasionalisme, ketiga mempertahankan kesatuan dan persatuan dan terakhir bangkit untuk mendirikan organisasi perjuangan kemerdekaan,“ pungkasnya.

Lebih lanjut, Kang Marhaen berpesan agar masyarakat Nganjuk bisa memaknai Hardiknas dan Harkitnas ini dengan menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga kondusifitas wilayah Kabupaten Nganjuk tetap terjaga.(Isk/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *