EdukasiPeristiwa

Miris, Jalur Akses Transportasi Menuju Desa Jemburea Ambruk Akibat Longsor, Inilah Bentuk Inisiatif Masyarakat

2604
×

Miris, Jalur Akses Transportasi Menuju Desa Jemburea Ambruk Akibat Longsor, Inilah Bentuk Inisiatif Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Nangapanda, Desa Jemburea merupakan salah satu desa terpencil yang ada di Provinsi NTT, Kab. Ende, Kec. Nangapanda. Desa ini terletak kira-kira 7 kilo meter jauhnya dari pusat kecamatan.

Tepat Pada tanggal 9 Juni 2023 Selama kurang lebih 12 jam lamanya hujan lebat mengguyur wilayah desa Jemburea, yang mengakibatkan jalur transportasi menuju desa Jemburea ambruk kerena longsor.

Jalur transportasi ini yang merupakan satu-satunya jalur yang digunakan masyarakat untuk mengekspor hasil komoditi dan kepentingan ekonomi hidup mereka, kini telah menjadi petaka.

Dalam sebuah wawancara, bapak Yufenlius Ndoa salah satu anggota masyarakat mengungkapkan bahwa mereka sangat mengharapkan kerusakan Jalan ini cepat teratasi karena mereka sangat membutuhkan.

Oleh karena itu terlepas dari perintah atau instruksi dari pemerintah desa setempat kami secara individu berinisiatif untuk membersihkan kembali batu yang berserakan di permukaan jalan, mengingat besok adalah hari pasar dan kami harus ke kota untuk menjual hasil komoditi kami, ungkapnya.

Kami tidak harus menunggu instruksi dari pemerintah setempat, karena bagi kami ini adalah kebutuhan dan sarana untuk menopang ekonomi kami. Sekalipun pemerintah setempat tidak merasa peduli dengan keadaan inj, maka kami masyarakat harus berjiwa besar, untuk menyelesaikannya tegasnya.

Tanpa harus menggunakan alat berat atau teknologi canggih untuk mengatasi inj, akan tetapi hanya dengan perasaan untuk memiliki dan kekompakan kami pasti dapat menyelesaikan, sekalipun hanya menggunakan tenaga, kayu atau alat bantu alami yang kami gunakan untuk menggeser batu-batu besar yang berserakan pada permukaan jalan lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *