RagamSosial Dan Budaya

Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar

139
×

Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta, Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar dalam rangka memperingati Iduladha 1444 H pada Kamis (29/06).

Satu gunungan kakung yang diantar menuju Kompleks Kepatihan sebagai kantor Gubernur DIY, diterima langsung oleh Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono di Pendopo Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Gunungan yang diantarkan oleh KRT. Widyacandra Ismayaningrat dan M.Riya. Yudahadiparwoto ini kemudian diperebutkan oleh warga masyarakat di Lapangan Kompleks Kepatihan.

Dalam sambutannya saat menerima gunungan Garebeg Besar, Beny mengatakan, atas nama Pemda DIY dirinya menyambut para tamu, abdi dalem dan para prajurit Bregada Keraton yang mengantar gunungan. Selanjutnya, Beny berharap semua pihak yang hadir pada Garebeg Besar di Kompleks Kepatihan ini diberkahi kesejahteraan.

Sebagai informasi, dalam satu tahun, Keraton Yogyakarta melaksanakan tiga kali Garebeg, yakni Garebeg Sawal saat Idulfitri, Garebeg Besar pada Iduladha, dan Garebeg Mulud saat peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Gunungan merupakan simbol pemberian atau sedekah dari raja kepada rakyatnya.

Sedekah yang dimaksud, terdiri dari hasil bumi, termasuk jajanan tradisional seperti wajik. Dan sebelum diperebutkan warga masyarakat, gunungan didoakan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *