PeristiwaPilihan Editor

Dirjen Cipta Karya Kunjungi Pembangunan Infrastruktur Terdampak Gempa Palu

251
×

Dirjen Cipta Karya Kunjungi Pembangunan Infrastruktur Terdampak Gempa Palu

Sebarkan artikel ini

Sulawesi Tengah, Bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang melanda Kota Palu pada Tahun 2018 silam telah mengakibatkan berbagai kerusakan termasuk banyaknya bangunan yang terdampak di berbagai sektor.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti didampingi Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah, Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman (SSPIP) Pandu Gunadi Atmosukarto, dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah Sahabuddin meninjau beberapa lokasi kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana Sulawesi Tengah, Rabu (05/07/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Diana meninjau lokasi pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi sarana pendidikan di Universitas Tadulako Fase II. Universitas Tadulako merupakan Perguruan Tinggi yang berada di Kota Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari 11 fakultas dan 1 pasca sarjana. Pada tahun 2020-2021 telah dilaksanakan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pada Universitas Tadulako, kemudian pada tahun 2021-2022 pekerjaan dilanjutkan yang menangani 24 gedung rehabilitasi dan 15 gedung rekonstruksi.

Sedangkan, lokasi pembangunan infrastruktur permukiman Kawasan Tondo 1, Kota Palu Fase 2 terletak di Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Penyediaan infrastruktur di hunian tetap Tondo 1 telah dilaksanakan di tahun 2020, namun masih terdapat kegiatan lanjutan yang harus dilaksanakan berupa pekerjaan jalan, drainase, TPS 3R, dan ruang terbuka hijau.

Lokasi selanjutnya adalah pembangunan infrastruktur permukiman Kawasan Tondo 2 Kota Palu Kawasan Huntap Tondo 2 yang terletak di Kota Palu. Target atau sasaran yang ingin dicapai dalam pekerjaan ini adalah tersedianya infrastruktur permukiman pada kawasan Hunian Tetap Tondo 2 untuk mendukung pembangunan hunian layak huni bagi korban bencana alam Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, peninjauan dilakukan pada lokasi pekerjaan pembangunan infrastruktur permukiman Kawasan Talise Kota Palu seperti pekerjaan drainase, Ruang Terbuka Hijau (RTH), SPAM, SPALDT, dan tempat sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *