EdukasiRagam

Diikuti Tiga TPQ, Kelurahan Koto Panjang Gelar Khatam Qur’an

307
×

Diikuti Tiga TPQ, Kelurahan Koto Panjang Gelar Khatam Qur’an

Sebarkan artikel ini

Padang Panjang, Sebanyak 60 santri dari tiga TPQ se-Kelurahan Koto Panjang mengikuti kegiatan Khatam Al Qur’an bersama yang diawali dengan pawai alegoris mengitari jalanan yang ada di salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Padang Panjang Timur tersebut, Ahad (4/6).

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Padang Panjang Timur, Muhammad Nur, S.Ag yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi yang setingginya kepada pihak panitia dan segenap komponen pendukung lainnya, yang sudah menyelenggarakan acara ini dengan begitu semarak dan meriah.

“Hal ini membuktikan kepedulian segenap komponen masyarakat di Koto Panjang terhadap pembangunan dan pembinaan mental spiritual generasi muda kita. Tinggal lagi bagaimana ke depan upaya kita bersama agar kegiatan semacam ini dapat berkembang jauh lebih baik lagi. Baik secara kualitas maupun kuantitas,” ucapnya.

Muhammad Nur juga mengucapkan selamat kepada para santri yang melaksanakan Khatam Qur’an. Ia berpesan, agar setelah khatam para santri tetap membaca dan mempelajari Al Qur’an.

“Tetap belajar, tingkatkan kualitas bacaannya. Tambah lagi hafalan Qur’annya, dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Koto Panjang, Wira Jaya Septika, S.STP mengatakan, Khatam Al Quran bersama ini, diharapkan dapat membuka hati dan pikiran kita semua, untuk memberikan bimbingan rohani dan mental pada anak anak. Dengan lebih mendekatkan diri mereka ke dalam ajaran agama Islam sejak dini.

“Insyaa Allah melalui kegiatan keagamaan seperti ini, akan dapat menjadi filter dan benteng bagi anak-anak kita untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan rintangan. Kita juga berpesan kepada santri yang khatam untuk terus tingkatkan bacaan dan hafalan. Jangan hanya sampai di sini saja, teruslah untuk memperdalam ilmu agama,” pesannya.

Ketua Pondok Qur’an Kelurahan Koto Panjang, Donal Sasmansyah selaku penyelenggara mengatakan, khatam ini untuk memotivasi anak-anak agar mencintai nilai-nilai islami yang terkandung dalam Al Qur’an.

“Adapun yang mengikuti kegiatan khatam bersama hari ini berjumlah sebanyak 60 orang. Dengan rincian, TPQ Masjid Ilham sebanyak 30 orang, TPQ Masjid Hidayatussalam 15 orang dan TPQ Masjid Nurul Yaqin sebanyak 15 orang,” sebutnya.

Ketua LPM Koto Panjang, M. Yusuf juga mengapresiasi kegiatan ini. “Mudah-mudahan anak-anak kita bisa mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berpesan kepada anak-anak agar terus menambah dan memperdalam ilmu agama selepas khatam ini dan jangan sampai berhenti di sini saja,” tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut pengurus masjid, tokoh masyarakat, wali murid dan warga sekitar. (rifki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *