EdukasiSosial Dan Budaya

Desa Mambal Duta Badung di PKB 2023, Sukses Satukan Perbedaan dalam Satu Pementasan Janger Tradisi Remaja

1215
×

Desa Mambal Duta Badung di PKB 2023, Sukses Satukan Perbedaan dalam Satu Pementasan Janger Tradisi Remaja

Sebarkan artikel ini

Bali, Duta dari Kabupaten Badung yang diwakili oleh, Sanggar Seni Budaya Yowana Desa Mambal, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung, membawakan tarian Janger Tradisi Remaja, pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV 2023, Rabu 21 Juni 2023 di gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center Bali.

Pada pementasan ini, Desa Mambal melibatkan perwakilan dari empat Desa Adat yang ada disana. Dengan Pembina Tari ; I Gusti Ngurah Gede Oka Wiratmaja, S.Sn., Pembina Vokal dan Tari ; Ni Ketut Suryatini, S.SKar., M.Sn., Pembina Tabuh ; I Wayan Gede ArnWa. S.Sn., dan I Ngurah Sutanaya Wisnawa, S.Sn.

Ditemui di sela pementasan, Pembina Janger Tradisi duta Kabupaten Badung, Ni Ketut Suryatini, S.SKar., M.Sn., mengatakan, Tari Janger merupakan salah satu tari tradisional khas dari Bali yang cukup populer.

Tari Janger kata dia, termasuk dalam tari pergaulan muda dan mudi yang dibawakan secara berkelompok penari secara berpasang-pasangan antara Putri dan Putra.

Para Penari akan menari sambil menyanyikan lagu Janger secara bersaut-sautan dan mengikuti irama teriakan dari penari lainnya. Karena hal ini lah, irama dan teriakan dari penari membuat Tari Janger khas dan unik.

Pada Tari Janger tradisi kali ini, menampilkan garapan yang apik dengan tradisi yang kuat namun dengan tetap menonjolkan sisi modern saat ini.

Cerita yang diangkat pada pementasan ini kata dia, disesuaikan dengan tema PKB 2023 yakni Segara Kerthi, yakni mengangkat cerita Watugangga.

Cerita yang diangkat kali ini, berasal dari cerita saat perang Ramayana berakhir, Diceritakan, kisah Watugangga yang merupakan anak dari Hanoman, dipelihara oleh dewa baruna dan diberi tugas untuk menjaga laut beserta isinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *