EdukasiRagam

Walikota Pagar Alam Terima Gelar Minangkabau “Rajo Alam Nan Batuah”

268
×

Walikota Pagar Alam Terima Gelar Minangkabau “Rajo Alam Nan Batuah”

Sebarkan artikel ini
Pagar Alam, Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni menerima Gelar Kehormatan masyarakat Minangkabau “Rajo Alam Nan Batuah” dari Badan Musyawarah Keluarga Minangkabau (BMKM) Kota Pagar Alam, bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Jum’at malam (23/06/2023).
Pemberian gelar yang bermakna pemimpin Pagar Alam yang bijaksana tersebut merupakan salah satu tradisi turun-temurun pada suku Minangkabau, yang merupakan gelar sangsako atau gelar penghormatan, serta sebagai pengikat hubungan baik antara suku Minangkabau dengan penerima gelar.
Mengawali sambutannya, Wali Kota Alpian Maskoni mengucapkan terima kasih kepada BMKM Kota Pagar Alam yang telah memberikan gelar kehormatan tersebut.
Wali Kota menuturkan bahwa dirinya pun tidak pernah berpikir akan mendapatkan gelar suku Minangkabau tersebut.
“Pemberian gelar ini tentunya akan menginspirasi saya dan untuk kemajuan kita bersama, masyarakat Kota Pagar Alam,” ungkap Wali Kota.
Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Alpian Maskoni juga secara langsung membuka Festival Tambur Tahun 2023, yang akan diikuti oleh 18 tim. Wali Kota Alpian Maskoni mengapresiasi dan menyambut baik festival tambur 2023.
“Karena sama-sama kita ketahui bersama bahwa, Kota Pagar Alam merupakan Kota tujuan wisata di Sumsel, sehingga dengan adanya festival ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mendatangkan wisatawan ke Kota Pagar Alam,” kata Wali Kota.
Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Pagar Alam Rachma Hareni Noor Alpian, Forkopimda Pagar Alam, Pemangku Adat Minang, Ketua Bundo Kanduang, Ketua BMKM, Asisten dan Staf ahli, Sejumlah Kepala OPD, Camat dan Lurah, serta masyarakat Kota Pagar Alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *