DaerahHeadlinePemerintahPendidikan

Siswa Tidak Mampu Bisa Lanjut Pendidikan ke Swasta dengan Dana BOS

489
×

Siswa Tidak Mampu Bisa Lanjut Pendidikan ke Swasta dengan Dana BOS

Sebarkan artikel ini

SERANG, Zonareformasi.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan membantu bagi orang tua siswa yang tidak mampu untuk tetap melanjutkan pendidikan di tingkat SMP.

Hal ini berdasarkan dari kuota SMP negeri di Kota Serang yang terbatas hanya sekitar 6.534 siswa dari total 12.632 siswa lulusan SD di tahun 2023.

Sementara sejak pendaftaran PPDB dibuka pada 3 Juli 2023, hingga saat ini sudah mencapai 8.052 siswa yang mendaftar ke SMP negeri.

Artinya, ada sebanyak kurang lebih dua ribu siswa yang terpaksa harus mendaftar ke sekolah SMP swasta. Sedangkan, pendaftaran PPDB Kota Serang akan ditutup pada Kamis, 6 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Tubagus Suherman mengatakan, bagi siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri diarahkan untuk mendaftar ke sekolah swasta.

“Dua ribu sekian itu memang daya tampung kita terbatas, tentu saja dari situ kita arahkan ke sekolah swasta, bukan berarti swasta itu jelek, swasta juga bisa menampung mereka dengan kualitas yang baik,” ujarnya, Rabu 5 Juli 2023.

Suherman mengatakan, bagi siswa yang tidak mampu bisa tetap melanjutkan pendidikan di sekolah swasta dengan menggunakan program pemerintah seperti dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Kemudian soal biaya di swasta, kalay mereka (siswa) mempunyai SKTM itu di SMP swasta juga disiapkan dana BOS, di situ ada Program Indonesia pintar (PIP). Ketika mereka masuk SMP tidak mampu, maka yang PIP ini dibebaskan dari biaya,” katanya. (Red/Lil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *