EdukasiSosial Dan Budaya

Pelaksanaan Sholat Ied Dan Pemotongan Hewan Kurban Di Masjid Izzatul Islam Patra Sriwijaya

236
×

Pelaksanaan Sholat Ied Dan Pemotongan Hewan Kurban Di Masjid Izzatul Islam Patra Sriwijaya

Sebarkan artikel ini

Palembang, Warga Perum Patra Sriwijaya Kelurahan Gandus Kota Palembang di Masjid Izzatul Islam Perum Patra Sriwijaya tepat pukul 07.00 melaksanakan sholat Idul Adha 1444 Hijriah Kamis 29/06/2023.

Bertindak selaku imam dan Khotib sholat Ied yaitu Ust H. acep Sukmawijaya.S.Ag.M.Pdi dalam khotbahnya beliau menyampai kan pada intinya hakekat Haji dan Kurban dua bahasa yang tidak di pisahkan karena atas dasar kisah pengorbanan Nabi Ismail as dan Nabi Ibrahim as.di kisah kan bahwa Nabi Allah Ibrahim mendapatkan mimpi kalau harus mengorbankan anak nya Ismail

Nabi Ibrahim pun menceritakan mimpi itu kepada Ismail. Dengan kesabaran, ketaatan, dan keikhlasan, Ismail menerima perintah tersebut untuk disembelih dan dikurbankan. Begitupula dengan ibunda Ismail, Siti Hajar, yang menerima perintah itu dengan keikhlasan walaupun sangat sedih.

Pada akhirnya, Nabi Ibrahim membawa Ismail ke sebuah tempat untuk disembelih. Selama perjalanan, banyak sekali godaan iblis yang mengikuti Nabi Ibrahim. Namun, dengan ketakwaan dan keyakinan, mereka berdua melakukan perjalanan hingga tiba di tempat penyembelihan.

Ketika Ismail berbaring dan hendak disembelih, Nabi Ibrahim menutup wajah Ismail. Tepat ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih, datanglah malaikat Jibril untuk mencegah proses itu atas izin Allah SWT. Setelah itu, Jibril mengganti Ismail dengan seekor kambing, kemudian memerintahkan Nabi ibrahim untuk menyembelih kambing tersebut sebagai ganti Ismail. Nabi Ibrahim pun diperintahkan untuk membagikan daging hasil kurban itu kepada fakir miskin.

Peristiwa ini diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia sebagai hari raya Idul Adha, dimana pada hari raya ini, dianjurkan bagi muslim untuk melakukan ibadah kurban.

.Dari kisah tersebut, banyak sekali sikap teladan yang bisa kita petik. Salah satunya ialah bersabar, dan tetap ikhlas dan tawakal dengan perintah Allah SWT. Selain itu, kita pula harus bisa melawan bisikan dan godaan syaitan di akhir tutup khotbahnya.

Usai melaksanakan sholat Ied di lanjutkan dengan pemotongan hewan kurban sebanyak mengurbankan 4 ekor sapi salah satu nya atas nama Bapak Yasser (menantu Bapak Gubernur H.Herman Deru) dan 12 ekor kambing kesemuanya dari warga Patra Sriwijaya sendiri .Prosesi pemotongan hewan kurban ini dilaksanakan setelah di halaman masjid Izzatul Islam oleh Ust H.Acep Sukmawijaya S.Ag.M.Pdi beserta seluruh panitia kurban.

Dari jumlah hewan kurban tersebut 4 sapi dan 12 ekor kambing akan disembelih di Masjid Izzatul Islam di bagikan kepada yang berhak menerima nya terutama di komplek perum Patra Sriwijaya Kelurahan Gandus

Semoga di tahun yang akan datang, lebih banyak lagi warga yang akan berkurban menyiapkan atau meniatkan diri untuk berkurban di tahun berikutnya sebagai wujud ketakwaan kepada Allah SWT,”

memberikan kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya melalui perjalanan ibadah haji bagi yang mampu. Namun, yang belum mampu diberi kesempatan melalui penyembelihan hewan kurban dan Insya Allah terus kita laksanakan sebagai simbol ketakwaan kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *