EdukasiRagam

Bupati Budiman Launching Balantang Care Dan Industri Pakan Ikan Gembae

221
×

Bupati Budiman Launching Balantang Care Dan Industri Pakan Ikan Gembae

Sebarkan artikel ini

Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, H. Budiman melaunching Produk dan Serah Terima Kegiatan Industri Pakan Ikan Gembae milik Desa Balantang yang merupakan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT. Vale Indonesia, Tbk. yang berlangsung di Bekas Gedung Sezko, Desa Balantang, Selasa (20/06/2023).

Sebelum meresmikan Industri Pakan Ikan Gembae, Bupati Luwu Timur yang didmapingi Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming dan Ketua TP PKK Baantang, Kadis PMD, Halsen, Kadis Kelautan dan Perikanan, Alimuddin Nasir, melaunching Balantang Care.

Balantang Care, merupakan sebuah Mobil Ambulance milik Desa Balantang yang nantinya akan mengantar jemput masyarakat yang ada di desa tersebut ke Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

Usai melaunching mobil Ambulance tersebut, Bupati Budiman membawa sendiri mobil Ambulance tersebut didampingi Kepala Desa Balantang menuju ketempat launching Produk dan Serah Terima Kegiatan Industri Pakan Ikan Gembae di Bekas Gedung Sezko Balantang.

Budiman mengatakan, mobil Ambulance dan ini merupakan satu kebaikan juga dan bagian dari pelayanan publik yang tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Mobil ini dipelihara dengan baik agar bisa bertahan lama untuk kepentingan masyarakat. Terima kasih pak desa telah berinovasi dan menyiapkan satu kebaikan untuk desanya,” Kata Budiman.

Terkait Launching Produk dan kegiatan Industri Pakan Ikan Gembae, Bupati Luwu Timur mengaku bahwa program tersebut sangat luar biasa karena ini pakan terbuat dari limbah, dari masalah ke solusi dan dapat nilai ekonomi, ini sangat luar biasa.

“Jadi hari ini kita meneguhkan Balantang menjadi pabrik pakan di Luwu Timur. Kalau ada mau cari pakan silahkan ke Balantang. Semoga ini bisa menjadi contoh, pak desa siap-siap saja karena akan banyak yang akan datang studi banding,” tutur Bupati Luwu Timur.

Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming menjelaskan, kegiatan ini adalah murni hasil dari kesepakatan didalam proses perencanaan yang telah dilakukan. “Alhamdulillah hasil penilaian dari pertanahan kemarin kami ambil sebagai data bahwa 80% Desa Balantang ini adalah wilayah pesisir dan nelayan, maka kami mengambil kesimpulan bahwa yang akan kami perkuat adalah wilayah pesisir dan perikanan,” imbuhnya.

Sehingga dirinya berinisiatif untuk membentuk namanya pabrik kasi pakan. Menurutnya, pakan yang digunakan merupakan bagian dari limbah hasil panennya masyarakat. “Jadi kemarin kami sempat sedikit melakukan survey, bahwa setiap 4 hektar empang itu, pada saat dia panen membuang limbah sekitar 100 sampai 200 kilo limbah ikan, dan itu tidak terpakai begitu saja,” kata Musakkir Laiming menjelaskan.

Maka dengan inisiatif ini, lanjut Kades Balantang, bersama dengan teman-teman kita bermusyawarah agar bagaimana limbah ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat menjadi nilai ekonomis yang tinggi, sehingga yang dulunya tidak memiliki nilai akhirnya kini benilai.

“Harapan kita di Balantang ini, kami telah menjadi desa yang mandiri, salah satu yang menopang kami bisa menjadi desa mandiri ialah adanya PAD, andaikata tidak ada PAD, kita tidak akan masuk sebagai desa mandiri. Dan alhamdulillah PAD ini kita dapatkan dari hasil kerja teman-teman di BUMDes,” terang Musakkir Laiming.

Launching Produk dan Serah Terima Kegiatan Industri Pakan Ikan Gembae ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Timur didampingi Kepala Desa Balantang dan Ketua PKK Balantang, Management PT. Vale, Endra Kusuma beserta jajaran, para Kepala OPD, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kamaruddin, Camat Malili, Nasir dan Unsur Tripika, Ketua BPD Balantang, BKAD, Kaslim, serta Tokoh-tokoh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *